Postingan

Menampilkan postingan dari April 12, 2014

PENGAJARAN SAINS di LABORATORIUM

PENDAHULUAN Belajar sains khususnya fisika yang berhubungan dengan gejala alam termasuk materi dan energi  tidak hanya sekadar mengingat dan memahami konsep yang ditemukan oleh ilmuwan. Akan tetapi, yang lebih penting adalah pembiasaan perilaku ilmuwan dalam menemukan konsep yang dilakukan melalui percobaandan penelitian ilmiah. Tuntutan kompetensi dalam kurikulum meliputi tiga aspek penting yang harus dimiliki siswa sebagai hasil belajar yaitu pemahaman konsep, keterampilan, dan sikap ilmiah. Oleh karena itu, diperlukan pendekatan pembelajaran yang dapat mencakup ketiga aspek tersebut. Pembelajaran dengan pendekatan keterampilan proses dapat menumbuhkan sikap ilmiah, untuk mengembangkan keterampilam-keterampilan mendasar sehingga konsep yang dipelajari mudah dipahami. Oleh karena itu pembelajaran dengan pendekatan keterampilan proses perlu dilaksanakan yang melibatkan siswa untuk aktif dalam kegiatan percobaan laboratorium. Pembelajaran dengan pendekatan keterampilan proses memu

Bumbu-Bumbu

Gambar
NO NAMA BAHAN ASAL SPESIFIKASI KEGUNAAN GAMBAR 19 Horseradish/ Raifort ( Herb ) Eropa dan Asia Merupakan umbi akar(seperti lobak) yang berwarna coklat kekuningan panjangnya dapat mencapai 45 cm.namun,bagian dalam akarnya berwarna keputih-putihan. Diparut untuk campuran saus,untuk bumbu hidangan dari daging dan ikan,dapat digunakan dalam bentuk segar dan kering. 20 Juniper/Gunievre ( Herb ) Italia , Rumania ,dan cekoslowakia Merupakan tumbuhan perdu berdaun hijau.mempunyai buah sebesar biji kacang polong berwarna hitam kebiruan,yang dipanen 2 kali dalam setahun. Biji juniper digunakan sebagai bumbu sauerkraut,hidangan yang dipanggang,sejenis minuman keras, cordials.biji-biji juniper harus dimasak bersama bahan makanan. 21 Lovage/Liveche ( Spices ) Inggris bagian utara Sejenis t