Nyeri dada ? Kena Serangan Jantung ?


Dear ...
K
emarin-kemarin sempet di bikin panik sama sakit yg nimpa aku.
jadi ceritanya, kemaren-kemaren gue sempet menderita nyeri dada gitu, rasanya sakit bukan main.
kayak ada satu titik yg ditusuk-tusuk benda tajam dari dalem.
Sebenernya udah lama sering ngalamin hal itu, tapi dulu cuek-cuek aja, gak curiga apa-apa.
Tapi kemaren itu kerasanya nyeriiii bgt, dan terjadi berulang-ulang dengan jarak waktu yg dekat (Sering maksudnya) .. Akhirnya setengah panik aku browsing-browsing kan kira-kira gejala kayak gini tuh gara-gara apa. Browsing..browsing..browsing.. buka..baca..buka..baca..buka.. baca  dan.............................. DUNG !! kaget juga di internet isinya ternyata macem-macem, semuanya penyakit yg serius.. dan yg bikin panik, kaget, galau se-galau-galaunya adalah ada artikel yg nyebutin nyeri pd dada salah satu gejala serangan jantung !
BOOM..... gak bisa tidur wess ..
udah panik bgt waktu itu,, kuliah gak konsen, gak nafsu makan, gak bisa tidur,
truss aja mikirin itu.....
tiap ngelamun mesti nangis .. udh mikir yg engga-engga
dikit-dikit nangiss ..
mau check up, tp gak punya duit -_-
bilang sama umi sama abi, mereka juga kaget, trus panik, tanya-tanya keadaan-lah, sakitnya gimana-lah, ngasih motivasi, nasehat, wanti-wanti ini-itu.. udh drama banget pokoknya...
"gimana kalo aku mati??" , "belum bisa bahagiain ortu, malah tambah ngebebanin aja.."
"pacarku mau gak ya terima aku seandainya aku punya penyakit parah??" , "apa aku ajak nikah aja cepet-cepet??" pertanyaan-pertanyaan konyol udh mondar-mandir dipikiranku
tambah putus asa-lah  ...

sampai akhirnya kemaren malam.. nyeri dadaku kambuh lagi ...
kebetulan aliran dana dari ortu udh masuk rekeningku,, akhirnya aku minta tolong temenku yg baik hati dan care bgt sama aku buat nganter aku ke dokter. Ya.. ke dokter aja dulu ,, aku gak kuat mental kalau harus langsung check up tanpa tau sebenernya ini gejala apa..
jam 8 malem.. aku diperiksa..
deg-degan bgt .. setelah diinterogasi ,ditanyain ini-itu .. trus aku rebahan
di periksa ..
trus dokternya bilang
"nyeri dada kayak gini ada 2 kemungkinan .. kalau gak jantung, ya GERD"
"kamu masih muda,, jadi kemungkinan utk kena jantung itu gak mungkin,, jadi yg kamu rasain selama ini adalah karena asam lambung'mu naik ke dada.. itu dalam istilah medisnya disebut GERD"
wahh .. lumayan lega juga sih dengernya
walaupun pd kenyataannya gue ternyata punya asam lambung tinggi, tp itu tdk semengerikan istilah serangan jantung atau jantung koroner ... Fiyuuuuhhhh
Selama ini,,, konyol sekali tangisan-tangisanku yg drama bgt itu :D

oke ....
sekarang utk nambah sedikit wawasan kalian aja ..
gue bakal singgung sedikti tentang GERD ..
Apa sih GERD itu ??? Dikutip dari wikipedia dan beberapa sumber :

Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) atau dikenal pula sebagai ‘acid reflux’ merupakan salah satu penyakit yang banyak dialami orang di seluruh dunia.
Gastro Esophageal Reflux Disesase (GERD) kerap disamakan dengan sakit maag, padahal keduanya berbeda. Dalam kasus GERD, asam lambung dengan derajat keasaman yang sangat tinggi, keluar dari lambung menuju kerongkongan (reflux). Penderita penyakit ini seringkali mengeluhkan rasa perih yang hebat di lambung dan ulu hatinya, diikuti dengan rasa mual dan heartbun (dada panas seperti terbakar), sulit menelan, radang tenggorokan, sendawa, muntah, dan rasa asam atau pahit di mulut.

GERD juga dapat menyebabkan gangguan irama jantung dan nyeri dada sehingga seringkali dikira sakit jantung. Beberapa kondisi berikut dapat meningkatkan resiko terserang GERD, diantaranya berupa penyakit maag, asma, diabetes, obesitas, kehamilan, merokok, konsumsi minuman beralkohol dan berkafein, dan stres.
Gejala GERD 
·         Nyeri dada
·         Mulas
·         Dispepsia (maag)
·         Mual
·         Muntah
·         Gangguan pencernaan
·         Nyeri perut
·         Batuk
·         Kesulitan menelan

Penyebabnya adalah ....... karena otot-otot esophageal sphincter bagian bawah tidak berfungsi normal. Kondisi ini juga bisa disebabkan oleh asupan dan kebiasaan makan seseorang.
Makan makanan pedas, gorengan, makan berat di malam hari, segera berbaring atau membungkuk setelah makan (Kelakuan gue banget) bisa memicu GERD.
Di sisi lain, merokok, konsumsi alkohol, obesitas juga disebut sebagai penyebab utama kondisi ini.
GERD juga umum terjadi pada wanita hamil karena terjadinya peningkatan ukuran rahim dan berat badan sehingga memberi tekanan pada perut.
Perubahan hormon dalam tubuh juga dapat menyebabkan GERD. Misalnya kalo gue dulu pas lagi dateng tamu bulanan , sakitnya makin sering kerasa ... -_-
Penderita GERD diharuskan untuk menghindari konsumsi makanan yang merangsang produksi asam lambung berlebih dalam tubuh seperti makanan dengan cita rasa asam dan pedas, makanan yang berminyak, bersantan, dan banyak zat adiktif. Konsumsi rokok dan minuman yang beralkohol, berkafein, dan bersoda juga wajib dihindari oleh mereka yang menderita GERD.
Upayakan untuk menjalankan pola makan yang sehat dan teratur serta kaya serat. Cara lain, penderita GERD dapat menghindari kegiatan yang dapat membuat kerongkongan terpapar asam lambung.
Misalnya, dengan meninggikan kepala saat tidur dan menjaga berat tubuh yang ideal yakni dengan rutin berolahraga. Satu lagi pengingatnya, jangan langsung berolahraga atau tidur setelah Anda makan. Anda dapat tidur 2-3 jam setelah Anda makan.

Nah... guys
udh tau kan ya??
jadi kalo kalian salah satunya yg mengalami gejala seperti disebutkan diatas , jgn panik dulu, jgn heboh dulu, jgn lebay apalg sampe ngebooking lahan kuburan, yg pasti tetep waspada, jgn dibiarin .. dan segeralah periksakan diri anda :D
NB : Kisah gue tadi,, jgn ditiru di rumah ya ...
itu sungguh sangat memalukan sekaliiii ....

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENGELOLAAN LABORATORIUM - MENGITUNG KEBUTUHAN UKURAN RUANG LABORATORIUM

Kurikulum Sebagai Sistem

ANTROPOLOGI KULINER